Ensiklopedi Buku-Buku Berbahaya

Judul buku: Kutubun Hadzdzaro Minha al-Ulama

Penulis: Syeikh Abu Ubaidah Masyhur bin Hasan Alu Salman

Penerbit: Daru Shuma’I, KSA

Cet: Ketiga 1426 H

Buku adalah kebutuhan primer bagi seorang insan, dia bisa menjadi kawan  di kala kesepian, penghibur di saat kesedihan, penggugah semangat di tengah kelesuan, penambah wawasan dan cakrawala ilmu pengetahuan, pintu mendapat sinar hidayah kebenaran  dan setumpuk manfaat lainnya yang sulit semuanya untuk disebutkan.

Namun perlu diketahui bahwa terkadang semua itu bisa berubah seratus delapan puluh derajat bila buku-buku bacaan yang dikomsumsi adalah buku-buku yang berisi kesesatan, penyimpangan dan virus-virus berbahaya yang bisa menular kepada pembaca. Oleh karenanya, hendaknya bagi kita untuk selektif dalam melahap buku bacaan sebab buku memiliki pengaruh yang sangat besar dalam mengarahkan dan membentuk pola piker seseorang.

Mengetahui kejelekan itu penting sebagai kewaspadaan, bukan untuk tujuan dipraktekkan. Demikian halnya mengenal dan mengetahui buku-buku berbahaya itu penting sebagai kewaspadaan dan peringatan, sebab bukan suatu hal yang mustahil bila kita mungkin salah menilai, menurut dugaan kita –karena keterbatasan ilmu- buku bacaan tersebut bagus tetapi ternyata menyimpan sejumlah syubhat dan kerancuan yang telah diingatkan oleh para ulama yang mendalam ilmunya.

Di sinilah letak urgennya kehadiran buku yang sangat berbobot dan bermutu hasil jerih payah goresan pena seorang ulama kutu buku yang telah menyelami dan melahap berbagai kitab yang tak terhitung jumlahnya, dialah Syaikh yang mulia, Masyhur bin Hasan Alu Salman, salah seorang murid senior ahli hadits abad ini Muhammad Nashiruddin al-Albani.

Buku ini sangat istimewa sekali sebab seperti diungkapkan oleh Syaikh Bakr Abu Zaid dalam kata pengantarnya bahwa buku yang berisi himpunan buku-buku berbahaya yang diperingatkan oleh ulama seperti ini termasuk diantara pintu nasehat untuk umat dan menjaga mereka dari noda-noda hitam yang dapat memperkeruh dan merusak agama, ibadah, akhlak dan tauhid mereka.

Buku yang tercetak dengan dua jilid ini dengan muqoddimah yang sangat panjang lebar tentang hukum-hukum fiqih seputar kitab-kitab berbahaya yang sangat layak diperhatikan oleh para penerbit buku agar mereka tidak memikul dosa dan agar harta pengasilan mereka halal.

Setelah itu kemudian beliau menyebutkan kitab-kitab berbahaya satu persatu dengan hujjah-hujah yang kuat dan menyusunnya dengan rapi, ada kitab-kitab berbahaya dalam aqidah, fiqih, dakwah, tarikh dan sebagainya.

Buku ini masih beluam finish terakhir, masih banyak lagi kitab-kitab berbahaya yang belum tercantum dalam buku ini dan akan akan menjadi proyek susulan yang akan digarap oleh Syaikh Masyhur menjadi kitab lanjutan. Hal itu sebagaimana beliau informasikan sendiri kepada kami pribadi. Semoga Allah memudahkan akan terwujudnya keinginan beliau dan memberikan kekuatan kepada beliau untuk merealisasikan proyek besar tersebut di tengah kesibukannya yang sangat padat.

Akhirnya, saya sarankan kepada para pembaca, khususnya bagi para ustadz, dai dan penuntut ilmu untuk membaca buku bermanfaat ini. Selamat membaca!

(Abu Ubaidah Yusuf bin Mukhtar as-Sidawi)