disusun oleh:
Abu Ubaidah Yusuf bin Mukhtar As-Sidawi
A. PENGANTAR
Dalam sebuah majalah yang pernah penulis baca, dikisahkan bahwa ada seorang muballigh dari Cina tatkala berceramah di hadapan jama’ah Indonesia, dia mengemukakan hadits ini seraya berkomentar: “Bapak-bapak, ibu- ibu, seharusnya banyak bersyukur, karena bapak ibu tidak perlu repot-repot pergi ke Cina, karena orang Cina-nya sudah datang ke sini”!!!
Sepanjang ingatan penulis juga, hadits ini tercantum dalam buku pelajaran kurikulum sekolah Tsanawiyyah masa penulis (entah kalau sekarang), sehingga dulu pernah ada seorang kawan menyampaikan hadits ini tatkala latihan ceramah, kemudian ada seorang ustadz yang menegur: “Untuk apa menuntut ilmu ke China? Ilmu apa yang mau dicari di sana? Ilmu dunia atau agama?”.
Nah, apakah hadits yang kondang ini shohih dari Nabi? Inilah yang akan menjadi pembahasan kita pada edisi kali ini. Semoga bermanfaat.
.
B. TEKS HADITS
اطْلُبُوْا الْعِلْمَ وَلَوْ بِالصِّيْنِ
Carilah ilmu sekalipun di negeri Cina.
BATHIL. Diriwayatkan oleh;
- Ibnu Adi (2/207),
- Abu Nu’aim dalam Akhbar Ashbahan (2/106),
- Al-Khotib dalam Tarikh (9/364) dan Ar-Rihlah 1/2,
- al-Baihaqi dalam al-Madkhal (241, 324),
- Ibnu Abdil Barr dalam Jami’ Bayanil Ilmi (1/7-8) dari jalan Hasan bin Athiyah, menceritakan kami Abu A’tikah Tharif bin Sulaiman dari Anas secara marfu’ (sampai kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam).
- Mereka semuanya menambahkan:
طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ
Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim
- Kecacatan hadits ini terletak pada Abu A’tikah. Dia telah disepakati kelemahannya.
- Bukhori berkata: “Munkarul hadits”.
- Nasa’i berkata: “Tidak terpercaya”.
- Abu Hatim berkata: “Haditsnya hancur”.
- Al-Marwazi bercerita: “Hadits ini pernah disebut di sisi Imam Ahmad, maka beliau mengingkarinya dengan keras”.
- Ibnul Jauzi mencantumkan hadits ini dalam al-Maudhu’at (1/215) dan berkata, “Ibnu Hibban berkata: “Hadits bathil, tidak ada asalnya.” Dan disetujui as-Sakhawi[1].
Kesimpulannya, hadits ini adalah hadits batil, dan tidak ada jalan lain yang menguatkannya[2].
C. MENGKRITISI MATAN HADITS
Syaikh Abdul Aziz bin Baz berkata setelah menjelaskan lemahnya hadits ini:
“Seandainya hadits ini shahih, maka tidaklah menunjukkan tentang keutamaan negeri Cina dan penduduknya, karena maksud hadits ini –kalaulah memang shahih– adalah anjuran untuk menuntut ilmu sekalipun harus menempuh perjalanan yang sangat jauh[3], sebab menuntut ilmu merupakan perkara yang sangat penting sekali, karena ilmu merupakan sebab kebaikan dunia dan akherat bagi orang yang mengamalkannya. Jadi, bukanlah maksud hadits ini adalah negeri Cina itu sendiri, tetapi karena Cina adalah negeri yang jauh dari tanah Arab, maka Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjadikannya sebagai permisalan. Hal ini sangat jelas sekali bagi orang yang mau memperhatikan hadits ini”.[4]
.
D. TAMBAHANNYA SHOHIH?
Adapun tambahan dalam hadits ini dengan lafadz:
طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ
Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim.
- Syaikh Al-Albani berkata: “Lafadz ini diriwayatkan dari banyak jalur sekali dari Anas sehingga bisa terangkat ke derajat hasan sebagaimana dikatakan oleh Al-Hafizh al-Mizzi. Saya telah mengumpulkan hingga sekarang sampai delapan jalur. Selain dari Anas, hadits juga diriwayatkan dari sejumlah sahabat lainnya seperti Ibnu Umar, Abu Sa’id, Ibnu Abbas, Ibnu Mas’ud, Ali. Saya sekarang sedang mengumpulkan jalur-jalur lainnya dan menelitinya sehingga bisa menghukumi statusnya secara benar baik shohih, hasan, atau lemah. Setelah itu, saya mempelajarinya dan mampu mencapai kurang lebih dua puluh jalur dalam kitab Takhrij Musykilah Al-Faqr (48-62) dan saya menyimpulkan bahwa hadits ini derajatnya hasan”.[5]
- Al-Hafizh As-Suyuthi juga telah mengumpulkan jalur-jalur hadits ini dalam sebuah risalah khusus “Juz Thuruqi Hadits Tholabil Ilmi Faridhotun Ala Kulli Muslimin”, telah dicetak dengan editor Syaikh Ali bin Hasan al-Halabi, cet Dar “Ammar, Yordania.
Namun perlu kami ingatkan di sini bahwa hadits ini memiliki tambahan yang yang populer padahal tidak ada asalnya yaitu lafadz “dan muslimah“.
طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ
Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim dan muslimah.
- Tambahan lafadz وَمُسْلِمَةٍ tidak ada asalnya dalam kitab-kitab hadits. Syaikh al-Albani mengatakan, “Hadits ini masyhur pada zaman sekarang dengan tambahan وَمُسْلِمَةٍ padahal tidak ada asalnya sedikitpun. Hal ini ditegaskan oleh al-Hafizh as-Sakhawi. Beliau berkata dalam al-Maqashid al-Hasanah (hal. 277): “Sebagian penulis telah memasukkan hadits ini dengan tambahan وَمُسْلِمَةٍ, padahal tidak disebutkan dalam berbagai jalan hadits sedikitpun”.[6]
Sekalipun demikian, makna tambahan ini benar, karena perintah menuntut ilmu mencakup kaum pria dan wanita juga. Syaikh Muhammad Rasyid Ridho berkata: “Hadits “menuntut ilmu wajib bagi setiap muslim” mencakup wanita juga dengan kesepakatan ulama Islam, sekalipun tidak ada tambahan lafadz “dan muslimah”. Akan tetapi, matan-nya adalah shohih dengan kesepakatan ulama“.[7]
Semoga Allah merahmati Al-Hafizh Ibnul Jauzi tatkala berkata:
“Saya selalu menganjurkan manusia untuk menuntut ilmu agama, karena ilmu adalah cahaya yang menyinari, hanya saja saya memandang bahwa para wanita lebih utama dengan anjuran ini, dikarenakan jauhnya mereka dari ilmu dan menguatnya hawa nafsu pada diri mereka”. Lanjutnya: “Wanita adalah manusia yang dibebani seperti kaum pria, maka wajib olehnya untuk menuntut ilmu agar dia dapat menjalankan kewajiban dengan penuh keyakinan”.[8]
Sejarah telah mencatat nama-nama harum para wanita yang menjadi para ulama dalam bidang agama, Al-Qur’an, hadits, syair, kedokteran dan lain sebagainya.[9]
.
E. HADITS-HADITS LEMAH TENTANG ILMU
Tidak ragu lagi bahwa menunut ilmu merupakan suatu keharusan bagi seorang muslim. Namun, bukanlah hal itu berarti kita menganjurkan mereka dan menggalang semangat mereka dengan hadits-hadits dusta yang disandarkan kepada Nabi yang mulia seperti yang dilakukan oleh banyak penceramah dan penulis, seperti hadits:
اطْلُبُوْا الْعِلْمَ مِنَ الْمَهْدِ إِلَى اللَّحْدِ
Carilah ilmu sejak bayi hingga ke liang kubur.
- TIDAK ADA ASALNYA. Demikian ditegaskan Samahatus Syaikh Abdul Aziz bin Baz.[10]
.
Seperti juga:
مَنْ أَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ, وَمَنْ أَرَادَ الأَخِرَةَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ, وَمَنْ أَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ
Barangsiapa yang menghendaki dunia, maka hendaknya dia berilmu. Dan barangsiapa yang menghendaki akherat, maka hendaknya dia berilmu. Dan barangsiapa yang menghendaki dunia akherat, maka hendaknya dia berilmu.
- TIDAK ADA ASALNYA.
- Yang benar ini adalah ucapan Imam Syafi’i, bukan ucapan Nabi.
.
Dan masih banyak lagi lainnya hadits-hadits lemah yang sering dibawakan untuk menganjurkan manusia agar semangat menuntut ilmu[11].
Sekali lagi, kita tidak butuh dengan hadits-hadits lemah, cukuplah bagi kita dalil-dalil dari Al-Qur’an, hadits yang shohih dan ucapan para ulama[12].
.
F. PENUTUP
Berbicara tentang ilmu sangat panjang sekali, namun ada satu point penting yang ingin kami tekankah di sini bahwa banyak para penulis dan penceramah tatkala membawakan dalil-dalil Al-Qur’an dan hadits baik yang shohih maupun tidak shohih, mereka memaksudkannya kepada ilmu dunia. Ini adalah suatu kesalahan, karena setiap ilmu yang dipuji oleh dalil-dalil tersebut maksudnya adalah ilmu agama, ilmu Al-Qur’an dan sunnah[13], sekalipun kita tidak mengingkari ilmu-ilmu dunia seperti kedokteran, arsitek, pertanian, perekonomian dan sebagainya, tetapi ini bukanlah ilmu yang dimaksud dalam dalil-dalil tersebut, dan hukumnya tergantung kepada tujuannya, apabila ilmu-ilmu dunia tersebut digunakan dalam ketaatan maka baik, dan bila digunakan dalam kejelekan maka jelek. Perhatikanlah hal ini baik-baik, semoga Allah menambahkan ilmu bagimu.[14]
.
artikel [ www.abiubaidah.com ]
.
CATATAN KAKI
[1] Al-Maqashid al-Hasanah hal. 63
[2] Silsilah Ahadits adh-Dha’ifah: 416
[3] Oleh karenanya, Rihlah (melakukan perjalanan jauh) untuk menuntut ilmu adalah kebiasaan para ulama salaf terdahulu dari kalangan sahabat, tabi’in dan orang-orang setelah mereka, bahkan tak sedikit diantara mereka yang menempuh perjalanan berbulan-bulan hanya untuk mencari satu hadits. Kisah-kisah tentang mereka begitu banyak sekali, sebagiannya telah dikumpulkan oleh al-Khathib al-Baghdadi dalam kitabnya “Ar-Rihlah Li Thalib Hadits”. Cukuplah sebagai contoh, perjalanan Nabi Musa untuk menemui Nabi Hidhir dalam rangka menuntut ilmu yang disebutkan oleh Allah dalam surat Al-Kahfi. Wallahu A’lam.
[4] At-Tuhfatul Karimah fi Bayani Ba’dhi Ahadits Maudhu’ah wa Saqimah hal. 60
[5] Silsilah Ahadits Adh-Dho’ifah 1/604.
[6] Takhrij Musykilatul Faqr hal. 48-62.
[7] Huquq Nisa’ fil Islam hlm. 18.
[8] Ahkam Nisa’ hal. 8-11
[9] Lihat kisah-kisah mereka dalam kitab Huquq Mar’ah Dr. Nawwal binti Abdullah hal. 285-293, ‘Inayah Nisa’ bil Hadits Nabawi oleh Syaikh Masyhur Hasan Salman.
[10] Ahadits Mardudah Sa’id bin Shalih al-Ghamidi hal. 12
[11] Lihat buku penulis “Hadits-Hadits Dho’if Populer” hlm. 53-61, cet Media Tarbiyah, Bogor.
[12] Lihat kitab Jami’ Bayanil Ilmi wa Fadhlihi oleh Imam Ibnu Abdil Barr dan Miftah Dar Sa’adah oleh Ibnul Qoyyim al-Jauziyyah.
[13] Al-Hafizh Ibnu Rajab al-Hanbali berkata:
“Ilmu bermanfaat adalah mempelajari Al-Qur’an dan sunnah serta memahami makna kandungan keduanya dengan pemahaman para sahabat, tabi’in dan tabi’ tabi’in. Demikian juga dalam masalah hukum halal dan haram, zuhud dan masalah hati, dan lain sebagainya”. (Fadhlu Ilmi Salaf ‘ala Ilmi Khalaf hlm. 26).
Al-Hafizh Ibnu Hajar al-‘Asqolani berkata:
“Maksud ilmu adalah ilmu syar’i yang mengajarkan pengetahuan tentang kewajiban seorang hamba dalam ibadah dan mu’amalatnya”. (Fathul Bari 1/92).
[14] Lihat Kitabul Ilmi hlm. 13-14 karya Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin.
ooh, hadits ini tuh bathil ya? hmmm…
Mungkin lebih baik kita ambil nilainya saja ya pak.. Mudah-mudahan kita selalu bersemangat untuk menuntut ilmu karena Allah ^_^
‘Afwan, Ustadz…
Bolehkah jika saya menggunakan ‘ungkapan-ungkapan’ tersebut untuk menyemangati diri sendiri ataupun orang lain? –Namun saya tidak menyandarkannya kepada Rosululloh (saya katakan bahwa hadits-hadits dho’if tersebut hanya ungkapan seorang penyair)– Jazaakumullohu khoyron.
Sebuah wawasan yang sangat berguna bagi umat islam, terutama para muballigh, karena sering kali mereka mengutip sebuah hadits tapi tidak memahami sanad dan matan hadits, sehingga mereka asal omong saja. semoga ini menjadi pelajaran bagi kita semua. Amiiin
Salam
Memang tidak dapat dinafikan lagi bahawa menuntut ilmu itu sememangnya penting. Di dunia memerlukan ilmu untuk hidup dan ilmu juga asas kepada mengerjakan ibadah.
Kita sebagai muslim memang wajib mencari ilmu,adapun ilmu yang wajib kita cari yaitu,ayat – ayat yang untuk menghukumi ( Al Qur’an ),Sunah yang tegak ( Al Hadits ),Faro idh ( Ilmu bagi waris ),adapun hadits yang menerangkan carilah ilmu walaupun ke negeri cina.. itu merupakan penekanan betapa wajibnya bagi seorang muslim untuk mencari ilmu…karena batang siapa yang ber amal pada apa-apa yang belum mengetahui ilmunya maka amalannya di tolak..! ( man a’mila a’malan laisa amruna wahua rodun ).
Akhi Murdiono, semoga Allah menambahkan ilmu bagi anda.
Terima kasih atas komentar anda, tapi penafsiran anda terhadap hadits itu benar kalau memang hadits shohih, tapi kalau haditsnya tidak shohih maka kita tidak boleh menyandarkannya kepda Nabi, sebab hal itu termasuk kedustaan dan kebohongan kepada beliau yang merupakan dosa besar. Wallahu A’lam.
thaks tulisannya
apakah salah kita memakai hadist atw atsar ini?nasihat yg baik meskipun bukan hadist itu harus d ambil,, dan d manakah letak kebatilan hadist tersebut?
Tanya kenapa kita tidak mau mendengar nasihat?
Tanya kenapa kita tidak bersyukur kalo ada orang yang lebih alim dari kita?
Tanya kenapa kita baru tau kalo ternyata ini hadits bathil ?
Tanya kenapa kita diberi tau kok masih ngeyel?
Tanya Tanya tanya kenapa?
Tanya diri sendiri apakah kedengkian menggumpal pada hati kita?
Tanya kenapa?
walaupun hadist2 ini merupakan hadits2 bathil , tapi menurut saya hadits ini sangat berperan penting bagi kita semua , sebagai penyemangat bagi kita bahwa sanya menuntut ilmu itu sangatlh wajib , baik bagi muslim laki2 ataupun perempuan . tida batas akhirnya kecuali mati.
dan kita bisa mengetahui betapa pentingnya ilmu itu dalam kehidupan dunia dan akhirat.
Asslamu’alaikum Wr.Wb
walaupun hadist2 ini merupakan hadits2 bathil , tapi menurut saya hadits ini sangat berperan penting bagi kita semua , sebagai penyemangat bagi kita bahwa sanya menuntut ilmu itu sangatlh wajib , baik bagi muslim laki2 ataupun perempuan . tida batas akhirnya kecuali mati.
dan kita bisa mengetahui betapa pentingnya ilmu itu dalam kehidupan dunia dan akhirat.
wasslamu’alaikum Wr. Wb
aduh jdi bingung mana yang shoheh mana yang tidak shoheh
kalau begitu buat refereinsi aja deh yo
sebaiknya tulisan arabnya fontnya yang normal aja, gk usah kaya gitu aneh mas.
ana respon ini, kalo Quran ya firman Allah, kalo hadist ya Sabda Rasul kalo selain itu ya perkataan ulama artinya sudah sangat jelas mana hadis dan mana perkataan walupun mungkin itu bisa memberikan manfaat…tapi jangan lupa semua itu sudaah ada aturanya….syukron….
Assalam
apa da yang salah dengan Hadist Abu Nu’aim? saya heran, karena beliau seorang ilmuan muslim y6ang mempelajari saints,
sedangkan Bukhori, Muslim dan kawan”nya setidaknya hanyalah para pembual dan penipu, yang mengaku” diri mereka adalah Imam..
banyak dari hadist” mereka(bukhori,muslim) yang kontroversi dan terkadang bahkan memalukan orang islam sendiri..
Allahua’lam ,Salam
Kembali ke qur an dan hadish aja,biar aman.hiiiiiii
محتوى جيد وتمارس و
Ass.War.Wab. Saya tidak melihat shohoh ataupun tidak. Menurut pemahaman saya bahwa: Rasulullah tidak membatas mencari ilmu pengetahuan agama saja karena ilmu agama untuk dunia dan akhirat, dan ilmu pengetahuan yang akan akan sampai di negeri cina merupakan ilmu pengetahuan umum yang dapat dimanfaatkan untuk urusan dunia. Dan ilmu pengetahuan umum yang didapatkan ini pun dimanfatkan (diamalkan) untuk kepentingan dunia dan akhirat. Contohnya: Proses seorang menjadi guru dan dosen agama karena melalui mencari/menuntut ilmu disuatu lembaga pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi. Berdirinya suatu Lembaga pendidikan harus punya kriteria dan standar mata pelajaran (matakuliah), yaitu: Ilmu pengetahuan agama, Ilmu pengetahuan umum (Matematika, IPA, IPS, Biologi dan seterusnya). Dengan melalui Lembaga pendidikan tersebut sehingga seseorang dapat menjadi guru/dosen agama, dan kemudian mengamalkannya ilmu pengetahuan agama (ilmu pengetahuan sesuai konsentrasinya),